Fikom Unisba Raih Jabar Saber Hoaks Award 2021

KOMHUMAS-Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung menerima penghargaan dari Pemerintah Daerah Jawa Barat pada acara Festival Literasi Digital Jawa Barat 2021, Rabu (22/12) kemarin.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat memberikan penghargaan Mitra Jabar Saber Hoaks kepada Fikom Unisba karena dinilai telah secara aktif bekerja sama dengan pemerintah daerah dalam melakukan penanggulangan hoaks. Acara penghargaan yang dihadiri secara langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ini digelar di Saung Angklung Udjo, Bandung, Jawa Barat.

Dekan Fikom Unisba Dr. Septiawan Santana K., M.Si. menjelaskan bahwa penghargaan ini dikhususkan pada kiprah dosen dan mahasiswa yang bersama-sama dalam menangani informasi palsu atau hoaks dalam kegiatan tridharma perguruan tinggi. “Orientasi ini berada pada mahasiswa dan dosen melalui kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Dosen-dosen Fikom juga berkiprah di lembaga-lembaga yang bergerak di bidang penanggulan hoaks dan terbukti sangat produktif dalam menghasilkan penelitian dan sosialisasi literasi digital kepada masyarakat,” tambahnya.

Jabar Saber Hoaks Award merupakan apresiasi kepada berbagai pihak yang berpartisipasi dalam pelayanan informasi dan literasi digital kepada masyarakat. Selain Fikom Unisba, penghargaan juga diberikan berdasarkan beberapa kategori, yakni kategori warginet Saberhoaks Award dan Apresiasi Media Saberhoaks. Sebelumnya juga dilaksanakan Workshop Literasi Digital pada 21 Desember 2021, yang melibatkan peserta mahasiswa perguruan tinggi di Jawa Barat dan pegiat literasi digital. (firmansyah)

Press ESC to close