FK Unisba Berangkatkan Relawan Ke Bencana Semeru

KOMHUMAS-Fakultas Kedokteran (FK) Unisba memberangkatkan relawan ke wilayah bencana erupsi Gunung Semeru Kabupaten Lumajang Jawa Timur, Rabu (08/12).

Sebanyak 8 orang relawan berangkat menggunakan Hiace FK Unisba terdiri dari 1 dokter yang merupakan dosen FK Unisba, 5 orang dokter yang merupakan alumni FK Unisba, 1 orang tenaga kependidikan FK Unisba dan 1 orang supir. Rencananya,  mereka akan berada di wilayah bencana hingga Sabtu (11/12).

Tim relawan diterjunkan untuk memberikan bantuan medis untuk para korban bencana berupa posko kesehatan yang disertai dengan obat-obatan, 100 bantuan paket sembako dan selimut.

Sumber dana bantuan ini berasal dari berbagai unsur seperti fakultas, dosen dan mahasiswa FK Unisba. Sembako yang akan diberikan, sudah disiapkan oleh mahasiswa-mahasiswa FK Unisba yang ada di Surabaya. Saat relawana tiba, sembako tersebut akan langsung disalurkan ke wilayah bencana.

Secara simbolis, Wakil Dekan III FK Unisba, Dr. Zulmansyah, dr., SpA., M.Kes, melepas para relawan di Kampus Unisba Ranggamalela. dr Zul sapaan akrabanya mengatakan, keberangkatan relawan ini sebagai bentuk kepedulian FK Unisba yang memiliki keunggulan kesehatan masyarakat industri dan ilmu pengetahuan di bidang kedokteran & kesehatan dalam membantu sesama.

“Oleh karena itu, karena sebagai umat manusia yang harus saling tolong menolong, FK Unisba tergerak untuk memberikan bantuan medis ke saudara-saudara yang terdampak erupsi Gunung Semeru,” ungkapnya.

Menurutnya, keberangkatan para relawan bukan hanya seremoni saja, namun juga sebagai bentuk pelaksanaan fungsionalis FK Unisba dalam membantu tim tanggap bencana. Disamping itu lanjutnya, tugas relawan ini juga merupakan pengaplikasian ilmu Emergency and Disaster Risk Management (EDRM) para dokter alumni saat menempuh studi di FK Unisba.***

Press ESC to close