Dukung ODF 100%, Unisba Kembali Bangun Sepctic Tank Komunal

KOMINPRO – Dalam upaya mendukung program pemerintah kota Bandung mencapai Open Defecation Free (ODF) 100 %, Unisba kembali meresmikan pembangunan septic tank komunal di RW 5, Kelurahan Tamansari Wetan, Selasa, (24/8). Pada acara peresmian tersebut turut hadir Wali Kota Bandung, Oded Muhammad Danial dan istrinya Siti Muntamah. Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian Unisba untuk warga yang bermukim di wilayah sekitar kampus Unisba.

Selama satu tahun ke belakang, Unisba telah membangun septi tank komunal yang dapat dipergunakan oleh sekitar 240 KK yang tersebar di kelurahan tersebut. Dengan adanya pembangunan septi tank keempat, maka angka ODF  di Kelurahan Tamansari Wetan kini sudah mencapai angka 80 %.

Dosen Fakultas Kedokteran Unisba yang tergabung dalam tim PKM, Dr. Titik Respati, drg, mengatakan, dalam mencapai target ODF 100 % di Kelurahan Tamansari Wetan, tahun ini Unisba melibatkan berbagai pihak untuk melakukan proses pembangunan septi tank. Pihak yang terlibat adalah tim dosen PKM FK Unisba, LPPM Unisba, Pascasarjana Unisba, dan stackholder lainnya.

“Dalam pembangunan septi tank ini, ada perusahan atau stackhokder yang ternyata hanya bisa memberi biotank, tapi sarana prasarananya gak punya. Namun, karena dana kita masih cukup  jadi kita bantu. Dalam proses pembangunan septitank di keluarahan tersebut, kami kurang lebih telah mengeluarkan dana sebesar 150 juta,” ujarnya.

Beliau menuturkan, Kelurahan Tamansari merupakan lingkungan sangat padat yang 89% penduduknya belum memiliki septic tank sebagai sarana sanitasi dasar yang memadai atau dikenal dengan istilah Open Defecation. Selain itu, Unisba merupakan sarana pendidikan yang wilayahnya cukup dekat dengan pemukiman tersebut sehingga sangat wajar jika Unisba membantu turut meningkatkan status kesehatan warga  tamansari terlebih dahulu.

Press ESC to close