WartaUnisba-Prestasi membanggakan kembali diraih mahasiswa Unisba melalui brand di bidang jasa, pariwisata, dan perdagangan mereka, Coolout, yang berhasil lolos seleksi untuk mengikuti Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo, pada Rabu-Jumat (23-25/10/2024). Coolout merupakan satu-satunya kelompok dari delapan tim UNISBA dalam Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) yang didanai oleh Belmawa, yang berhasil lolos ke KMI Expo tahun ini.
Kompetisi KMI Expo XII mengusung tema “Wirausaha Rakyat Merdeka” yang diselenggarakan di Universitas Halu Oleo, Kendari, ini merupakan ajang tahunan yang diadakan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa), Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek). Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan dan mendukung potensi kewirausahaan mahasiswa di Indonesia.
Tim “Coolout” ini terdiri dari empat orang mahasiswa Unisba Angkatan 2021 yaitu Nanda Putri Santosa (Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis), Sania Nur Maulani (Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis), Anna Wike Diva Fatihati (Fakultas Psikologi), dan Ahmad Faris Abqori (Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis).
Wakil Rektor III UNISBA, Dr. Amrullah Hayatudin, S.H.I., M.Ag., mengapresiasi Coolout sebagai satu-satunya tim dari Unisba yang berhasil lolos ke ajang ini dan menyebutnya sebagai sebuah prestasi yang membanggakan.
Ia juga merasa senang melihat antusiasme para pengunjung yang datang ke stand Coolout, terbukti dengan terjualnya 24 dari 30 produk yang dipamerkan. “Ini menunjukkan bahwa Coolout diminati oleh pasar, terlihat dari banyaknya pengunjung yang datang ke stand mereka,” ujarnya.
Ia berharap agar tim Coolout tidak berhenti hanya di program P2MW ini, tetapi dapat terus mengembangkan bisnisnya hingga mampu menjadi perusahaan dengan skala produksi yang lebih besar. Tim Coolout juga akan mendapat apresiasi berupa beasiswa prestasi selama satu semester dari Rektor Unisba.
Sebagai informasi, Coolout adalah brand fashion yang fokus pada perdagangan pakaian, khususnya celana kulot berkualitas tinggi dengan konsep unik, yaitu memanfaatkan sisa kain tak terpakai dalam produksinya. Menawarkan beragam warna dan model untuk remaja wanita hingga dewasa, Coolout menonjol dengan desain dan kualitasnya, menjadikannya berbeda dari para pesaing. Berlokasi di Jl. Terusan Gagak Lumayung, Cimuncang, Garut, Coolout yang berbasis home industry ini berkomitmen menghadirkan produk fashion berkualitas sambil berkontribusi pada perekonomian lokal di Garut dan Bandung.
Masuknya Coolout ke ajang KMI Expo XII ini menunjukkan bahwa wirausaha mahasiswa Unisba memiliki kualitas tinggi dan mampu bersaing di tingkat nasional.***