Kolaborasi dengan Unpad dan NTNU, Prodi Matematika FMIPA Unisba Sukses Gelar International Joint Webinar

KOMINPRO-Program Studi (Prodi) Matematika Fakultas MIPA Unisba bekerja sama dengan Universitas Padjadjaran (Unpad) dan Norwegian University of Science and Technology (NTNU) menggelar webinar internasional dengan tema “Dynamic System Modeling & Simulation on COVID-19 Pandemic” secara daring melalui Zoom Meeting dan live di Youtube Prodi Matematika, Kamis (19/08).

Acara ini diikutui lebih dari 250 peserta dari berbagai perguruan tinggi dan institusi baik nasional maupun internasional, seperti Malaysia, Filipina, Perancis dan lainnya. Peserta webinar juga tidak hanya berasal dari bidang ilmu matematika saja, namun juga dari berbagai bidang ilmu lainnya seperti statistika, kesehatan, teknik nuklir, epidemiologi, farmasi dan kimia.

Webinar yang dimoderatori oleh dosen Prodi Matematika FMIPA Unisba,  Erwin Harahap, S.Si., M.Sc. ini menghadirkan dua narasumber yakni Prof. Asep K. Supriatna, Ph.D (Guru Besar Program Studi Matematika, FMIPA Universitas Padjadjaran) dengan judul materi “Two different approach in epidemic modeling with some examples”, danProf. Agus Ismail Hasan, Ph.D (Equinor Professor Department of ICT & Natural Sciences, NTNU Norwegia) dengan judul materi “Mathematical Modeling of COVID-19 in Indonesia“.

Keduanya menjelaskan tentang pemodelan matematika dengan sistem dinamis untuk pandemi Covid-19 di Indonesia. Diperlihatkan pula simulasi matematika bagaimana pengaruh kebijakan-kebijakan yang diambil pemerintah pusat dan daerah mempengaruhi angka penyebaran  penyakit dan jumlah penderita.

Dekan FMIPA Unisba, Abdul Kudus, S.Si, M.Si., Ph.D., mengatakan, webinar ini terselenggara untuk menyediakan wadah diskusi bagi para peneliti dan khalayak ramai yang tertarik dengan bidang matematika ataupun yang tertarik dengan pemodelan dan simulasi matematika menggunakan sistem dinamis, khususnya yang terkait dengan pandemi Covid-19.

Diharapkannya, kegiatan ini diharapkan dapat menciptakan peluang kerja sama di bidang matematika dengan para peneliti dan praktisi baik dari dalam maupun luar negeri.

Setelah kegiatan ini, FMIPA Unisba berencana akan mengadakan kembali webinar internasional yang bekerja sama dengan Universitas Sains Malaysia untuk membahas “Halal Pharmaceutic”.***

Press ESC to close