Tingkatkan Kualitas Ibadah di Bulan Puasa, Unisba Gelar Tarhib Ramadhan

Komhumas – Menjelang bulan suci Ramadhan 1445 H, Universitas Islam Bandung kembali menyelenggarakan Tarhib Ramadhan 1445 H di Aula Utama Unisba, Kamis (7/3). Selama bulan Ramadhan Unisba menggelar sejumlah kegiatan di antaranya kajian Islam, takjil gratis, iktikaf, tabligh akbar, dan Shalat Idul Fitri. Pembukaan Tarhib Ramadhan yang dimotori oleh bagian Peningkatan Ruhul Islam dan Pengelolaan Masjid Unisba ini dibuka oleh Wakil Rektor III Unisba, Dr. Amrullah Hayatuddin., SHI., M.Ag.
Wakil Rektor III Unisba mengatakan, kegiatan tarhib Ramadhan tahun ini mengangkat tema “Keluarga Kuat Ramadhan Hebat”. Dengan menghadirkan tiga narasumber yakni, Ustadzah Yuria Pratiwi Cleopatra, Ustadzah Siti Fathiyah Khotib, dan K.H. Asep Anom diharapkan peserta mendaptkan bekal ilmu yang dapat diaplikasikan di bulan Ramadhan. Materi yang disampaikan pada kesempatan ini berkaitan dengan beberapa topik yakni Keluarga muslim cerdas finansial, Kolaborasi orang tua kunci sukses pola asuh anak, dan tausyiah menyambut bulan Ramadhan.

“Pada hakikatnya Ramadhan itu template, seperti biasa kita menjalankan ibadah puasa tapi kita tidak ingin gitu-gitu aja sehingga momentum inilah untuk memberikan bekal kepada civitas akademika agar menjadi bekal dalam mengisi Ramadhan tahun ini. Harapannya tentu kita ingin Ramadahan tahun ini lebih baik dari sebelumnya,”ujarnya.

Sementara itu Panitia Pelaksana Tarhib Ramadhan, Asrofi Achmad., S.Pd., mengatakan, kegiatan Tahrib Ramadhan Unisba kali ini diikuti oleh lebih dari seratus orang peserta, yang terdiri dari 50 orang tenaga pendidik, lima orang perwakilan dosen dari tiap fakultas, serta warga sekitar kampus Unisba. Beliau menambahkan, sepanjang bulan Ramadhan, Unisba pun menggelar beberapa kegiatan, di antaranya pengamatan rukyatul hilal pada 10 Maret 2024, serta Ramadhan di Kampus (Radius) yang mulai berjalan pada 1 Ramadhan 1445.

 “Selain itu, kami juga akan menggelar acara Tabligh Akbar dan Buka Bersama Masyarakat. Santunan bagi anak yatim, dhuafa, dan guru ngaji, serta Itikaf di Unisba pada 4 April 2024 atau 25 Ramadhan 1445 H. Kemudian pelaksanaan Shalat Ied 1 Syawal 1445 H dengan khotib, Prof. Miftah Faridl,”jelasnya.

Press ESC to close