Kerjasama dengan IRK Jawa Barat, Tim PKM Unisba Gelar Pelatihan

KOMHUMAS-Tim PKM Universitas Islam Bandung Unisba bekerja sama dengan Indonesia Ramah Lansia (IRL) Jawa Barat, menggelar acara pelatihan ‘Pemberdayaan Kualitas Hidup Lansia melalui Keterampilan Komunikasi Islami Antargenerasi : Kerjasama dengan Indonesia Ramah Lansia’ yang dilaksanakan di Aula Pascasarjana Unisba, pada Sabtu (14/2/2023).

Acara ini diikuti sebanyak 110 orang lansia yang masuk di komunitas IRL. IRL merupakan lembaga yang berkontribusi untuk mewujudkan kawasan ramah lanjut usia dengan pendekatan program berkesinambungan dan perawatan jangka panjang bagi lanjut usia.

Direktur IRL Jawa Barat,   Dr. Susiana Nugraha, SKM., MN menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini. Menurutnya kegiatan ini merupakan bagian penting dari proses pemberdayaan kualitas hidup para lansia. Selain itu juga sebagai salah satu alternatif model Islami komunikasi antargenerasi.

Sementara itu, Tim Pemateri sekaligus ketua PKM, Yulianti S.Sos., M.Si., mengungkapkan  antusiasme para lansia dalam mengikuti acara ini yang dilihat dari banyaknya peserta yang datang satu jam sebelum dari waktu dimulainya acara. “Karena dengan adanya ikatan batin dengan orang tua memiliki kekuatan yang tak terbantahkan dalam menginspirasi dan menggerakkan hati kita. Setiap momen bersama mereka, setiap nasihat yang diberikan, dan setiap pelukan yang hangat membentuk landasan emosional yang mendalam,” ungkapnya.

Pelaksanaan kegiatan ini berlangsung seru dan dinamis. Para siswa yang berjumlah 110 orang yang dikumpulkan dalam satu ruangan dapat menyimak dan mengerti dengan baik tentang materi yang disampaikan.

Ada beberapa poin dalam penyampain materi yang disampaikan oleh Ibu Dian Widya Putri, S.S., M.I.Kom tentang teks naratif yang merupakan salah satu cara untuk mewariskan kebijaksaan dari lansia kepada generasi berikutnya.

Dengan adanya kuisioner yang diberikan oleh Stephani Raihana Hamdan, S.PSI., M,PSI dapat memberikan informasi mengenai gambaran kualitas hidup dan komunikasi antargenerasi yang dirasakan oleh para lansia baik melalui anaknya ataupun cucunya.

Acara ini dipandu oleh Eva Nurseha, M.Ikom sebagai MC yang merupakan laboran Laboratorium Simulasi Komunikasi yang dapat membawa suasana acara menjadi semakin seru dan dapat membuat para lansia terlibat aktif untuk antusias mengikuti arahan MC, seperti dengan adanya Ice Breaking, tanya jawab, dan games. mahasiswa dari fakultas Ilmu Komunikasi dan psikologi Unisba juga terlibat dalam mengelola acara ini.

Sepanjang durasi 195 menit acara, para lansia bisa mengikuti kegiatan secara aktif dan bisa memberikan pemikirannya dengan baik. Mereka juga antusias ketika mengikuti beberapa games yang diadakan oleh panitia, bahkan para lansia juga banyak yang ingin menyampaikan pendapatnya ketika diberi pertanyaan tentang hal apa yang ingin disampaikan ke generasi muda di Indonesia saat ini.***

Press ESC to close