1.286 Mahasiswa Unisba Ikuti Pesantren Calon Sarjana Secara Online

KOMINPRO – Memasuki bulan Ramadhan di tengah pandemi COVID-19 yang masih berlangsung, Universitas Islam Bandung (Unisba) kembali menyelenggarakan kegiatan Pesantren Calon Sarjana dan Bimbingan Karir Tahun Akademik 2020/2021 secara online. Sebanyak 1.286 peserta turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Pesantren Calon  Sarjana dan Bimbingan Karir terbagi ke dalam 3 sesi dan berlangsung dari tanggal 15 sampai 24 April 2020.

Ketua Lembaga Studi Islam dan Pengembangan Kepribadian (LSIPK) Unisba, Dr. H. M. Wildan Yahya, Drs., M.Pd., mengatakan, kegiatan pesantren merupakan ciri khas dan budaya yang melekat dengan Unisba sehingga tidak boleh dihilangkan. Menurutnya, meskipun dalam kondisi pandemik COVID-19, Unisba tetap menjalankan pesantren sebagai upaya untuk mecetak lulusan yang tidak hanya professional dalam menjalankan tugasnya tapi juga bertakwa kepada Allah SWT.

“Kegiatan pesantren merupakan tradisi Unisba untuk menampilkan ruhuddin sebagaimana tercantum dalam surat At-Taubah ayat 122 yang berbunyi. Tidak sepatutnya bagi mukmin itu pergi semuanya (ke medan perang). Mengapa tidak pergi dari tiap-tiap golongan di antara mereka beberapa orang untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang agama dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali kepadanya, supaya mereka itu dapat menjaga dirinya,” katanya.

Beliau mengatakan, dalam kegiatan pesantren, Unisba berupaya mengembleng mahasiswa agar menjadi lulusan yang memiliki karakter mujahid, mujtahid, dan mujaddid. Pak Wildan berharap, melalui kegiatan pesantren lulusan Unisba akan mampu menjadi intelektual yang ulama dan ulama yang intelektual, serta menjadi ragi bagi lingkungannya.

Sementara itu, Rektor Unsiba, Prof. Dr. H. Edi Setiadi, SH., MH mengatakan pesantren calon sarjana dan bimbingan karir merupakan kegiatan akademik yang wajib ditempuh seluruh mahasiswa Unisba. Beliau menjelaskan, meskipun kegiatan ini diselenggarakan secara virtual tapi hal tersebut tidak akan menghilangkan esensi dari pelaksanaan Pesantren Calon Sarjana dan Bimbingan Karir ini.

“Melalui pesantren ini, saudara akan dipersiapkan menjadi lulusan yang memiliki nilai plus dibanding lulusan dari perguruan tinggi lainnya. Saya harap saudara dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik dan sepenuh hati . Saudara harus benar-benar meresapi apa kelebihan yang bisa didapatkan dari Unisba karena materi yang diberikan kepada saudara dalam kegiatan ini Insha Allah semuanya bermanfaat,”ujarnya.

Kegiatan Pesantren Calon Sarjana Gelombang 3 Tahun Akademik 2020/2021 diikuti 1.286 mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa Fakultas  Ilmu Komunikasi 215 orang, Ekonomi dan Bisnis (205), Psikologi (191),  Teknik (188), Syariah (187), MIPA (145), Hukum (83), Dakwah (60), Tarbiyah (12). Selama tiga hari melaksanakan kegiatan pesantren secara online, para peserta mendapat berbagai materi dari narasumber yang meliputi Materi Aktualisasi Ruhudin bagi Alumni , Memantapkan Aqidah , Placement Test Baca Tulis Al-Qur’an, Entrepreneurship ala Rasulullah, Program Studi Lanjut Melalui Optimalisasi Kerja Sama Unisba, Persiapan Menuju Dunia Kerja, Kiat Membuat Surat Lamaran (CV dan Wawancara), Kiat Menjadi Imam dan Khatib/ Penceramah, Kepemimpinan dalam Islam, Bimbingan Muslimah, Bagaimana Mengurus Jenazah Sesuai dengan Sunnah Rasul, Menangkap Peluang di Dunia Kerja, Fenomena Dunia Kerja Saat Ini, Praktek Menjadi Imam dan Khatib/ Penceramah 1, Praktek Menjadi Imam dan Khatib/ Penceramah 2, Motivasi “Meraih Hari Esok yang Lebih Baik”, Menggapai Hidup Bahagia, Parade Ceramah, , Taffaqueh Fiddin 1, Taffaqueh Fiddin 2. (Feari)

Press ESC to close